Waspada Bisnis mlm terbaru! Inilah Ciri MLM yang Berkualitas!

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dunia yang semakin berkembang, kini tren usaha juga semakin beragam demi mendapatkan pemasukan. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan di era global seperti saat ini adalah adanya bisnis MLM atau Multi Level Marketing. Bisnis ini sendiri populer sejak awal 2000-an di Indonesia dan terus berkembang hingga kini. Namun banyak yang mengeluhkan jika sebagian besar MLM justru adalah seperti permainan uang dan tanpa produk nyata untuk diperjualbelikan. Terlebih banyaknya muncul Bisnis mlm terbaru sehingga Anda juga patut waspada.

Bisnis MLM sendiri adalah jenis strategi pemasaran secara berjenjang atau berantai dan penjual tidak hanya mendapat kompensasi dari penjualan yang dihasilkan namun juga dari hasil penjualan lainnya dari sales lain yang berhasil direkrut. Dalam skema MLM ini, maka Anda bisa ditemukan skema piramida dimana sales pertama adalah up line dan di bawahnya adalah down line dan begitu seterusnya. Karena penjualan berantai ini, maka kebanyakan Bisnis mlm terbaru justru lebih giat mencari down line dibanding dengan menjualkan produknya sehingga banyak yang menyatakan jika MLM ini banyak merugikan down line.

Namun meski di tengah banyaknya kontra akan adanya MLM ini, ternyata masih banyak perusahaan MLM yang memang benar-benar melakukan penjualan sesuai sistemnya. MLM seperti inilah yang seharusnya Anda pilih. Lalu bagaimana mengetahui ciri MLM yang terbaik? Berikut ini ulasannya:

  1. Pilih perusahaan yang sudah terdaftar di APLI

APLI ini adalah sebuah asosiasi yang bertugas sebagai wadah untuk semua perusahaan MLM di Indonesia. Latar belakang berdirinya sendiri adalah karena tidak adanya aturan baku dalam hukum yang mengatur terkait penjualan langsung. Semua perusahaan MLM yang bergabung wajib untuk memenuhi persyaratan sehingga bisa mendapatkan sertifikat. APLI juga bisa mengenali secara jelas mana perusahaan MLM yang benar dan abal-abal.

  1. Badan hukum jelas

Yang ini sudah jelas merupakan hal terpenting yang perlu Anda ketahui. Perusahaan yang bergerak di bidang MLM dan akan Anda pilih wajib memiliki badan hukum yang jelas. Dalam hal ini, perusahaan tersebut haruslah memiliki badan hukum berupa PT dengan SIUPL serta NPWP. Dengan dibawahi payung hukum ini, maka perusahaan akan mampu mempertanggungjawabkan segala bisnis yang dijalankannya sehingga para member maupun konsumen pun bisa terlindungi.

  1. Produk nyata

Perusahaan MLM tetap memiliki produk yang harus dijual. Produk dari perusahaan MLM ini haruslah nyata mengingat kini banyak sekali produk kosmetik hingga produk kesehatan yang dijual perusahaan MLM dengan kualitas rendahan namun harga yang membumbung tinggi. Hal ini bisa jadi jika produk tersebut hanya kedok dan pemasaran berantai adalah usaha sesungguhnya dari perusahaan tersebut jadi Anda wajib lebih waspada lagi.

  1. Sistem adil untuk semua member

Jika dilihat kembali, maka terlihat jelas jika MLM hanya akan menguntungkan pada member yang bergabung di awal saja. Sedangkan untuk para member baru hanya akan mendapat kesulitannya. Untuk itu, alangkah baiknya jika melihat kembali sistem yang berjalan dari perusahaan tersebut dimana harus adil bagi semua membernya. Paling tidak, up line harus mau membantu para down line untuk dapat berkembang.

Itulah beberapa ciri dari jenis MLM yang berkualitas dan nyata dalam berdagang. Kini sudah banyak sekali perusahaan Bisnis mlm terbaru yang muncul ke permukaan dan menjanjikan keuntungan dalam waktu cepat. Oleh karena itu, waspada dan teliti terlebih dulu sebelum bergabung.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *