Cek Pajak Motor Online, dan Lakukan Pembayaran dengan Mudah!

Dulu, masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor setiap tahun harus mau repot dengan pengurusan perpanjangan STNK dengan mendatangi kantor SAMSAT. Tetapi sekarang ini mengurus perpanjangan STNK tidak merepotkan seperti dulu, karena terdapat pelayanan membayar pajak STNK bisa dilakukan dengan menggunakan transaksi elektronik. Sehingga, Anda tidak perlu mengorbankan waktu untuk datang ke kantor SAMSAT, mengantri dari pagi hari dan bisa menghindari calo yang menawarkan pembayaran STNK dengan bayaran yang tinggi. bahkan pemerintah terus melakukan peningkatan pelayanan dengan inovasi cek pajak motor onlinebahkan kita juga bisa melakukan pembayaran secara online.

Dengan perkembangan teknologi, sekarang masyarakat bisa mempergunakan layanan SAMSAT online. SAMSAT online memiliki beberapa layanan pembayaran pajak kendaraan seperti kendaraan bermotor dengan pengesahan STNK 1 tahun, kendaraan bermotor tidak ganti STNK, kendaraan bermotor disertai dengan BPKB, KTP Pemilik dan STNK, kendaraan bermotor yang tidak terlambat lebih dari 1 tahun, hingga kendaraan bermotor tidak berkeadaan rusak atau hilang. SAMSAT online memiliki 2 manfaat. Untuk SAMSAT, SAMSAT menyajikan data lebih akurat sehingga bisa dilihat realisasi dan penerimaannya secara keseluruhan, untuk wajib pajak adanya SAMSAT online ini sudah pasti memudahkan pembayaran pajak karena bisa membayar pajak dengan tepat waktu.

Untuk masyarakat yang tidak memiliki waktu luang, dan sering menggunakan jasa calo, bisa tertolong dengan sistem STNK online, bahkan Anda bisa langsung cek pajak motor online Anda sekarang ini. sebelum terdapat peraturan pembayaran transaksi elektronik, ada beberapa wilayah yang sudah memberlakukan sistem perpanjangan STNK dengan cara online, sehingga orang yang memiliki KTP di luar kota bisa mengurus pajak STNK di kota lain. 3 wilayah ini ialah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Polda Jabar serta pihak terkait juga membuat inovasi dengan meluncurkan perpanjangan STNK yang bisa dilakukan di seluruh wilayah Polda Jabar. Meskipun prosesnya secara online, tetapi tetap harus dilakukan di SAMSAT terdekat. Contohnya, mereka yang tinggal di Bekasi tetapi STNK berasal dari SAMSAT Cirebon, tidak harus ke Cirebon. Mereka dapat mengurusnya langsung di Bekasi. Untuk SAMSAT online terpadu Polda Jabar buka di hari kerja dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

Jakarta membuat SAMSAT Drive Thru, jadi pemilik rekening Bank DKI dapat membayar pajak STNK di ATM terdekat, sedangkan untuk mereka yang tidak menjadi nasabah Bank DKI bisa membayar pajak di loket bank serta beberapa gerai SAMSAT seperti SAMSAT Jakarta Timur, SAMSAT Jakarta Utara, SAMSAT Jakarta Selatan, SAMSAT Jakarta Barat. SAMSAT Drive Thru ini praktis karena hanya memberi STNK, BPKB, KTP atas nama dari BPKB dan langsung membayarnya.

SAMSAT online juga melayani cek pajak motor online. Dengan menggunakan layanan ini, sekarang masyarakat bisa melakukan pengecekan pajak STNK dengan cara online di kantor SAMSAT serta Dinas Pelayanan Jakarta tepatnya berada di situs SAMSAT Jakarta. Namun, bila plat nomor di tengah kurang dari 4 angka, Anda tinggal memasukkan angka 0 di depan. Contohnya untuk plat B 11 ABC, Anda bisa melakukan pengecekan dengan B 001 ABC. Jika dilakukan pengecekan tidak terdapat keterangan, berarti plat tersebut tidak terdaftar dalam SAMSAT DKI. Sistem secara online seperti saat ini memang begitu memudahkan masyarakat serta menghindarkan kita dari calo yang memberikan harga mahal, tetapi sebelum seluruh daerah menyediakan fasilitas online, hal ini masih terbatas untuk pembayaran pajak tahunan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *