4 Trik Agar Mendapat Harga Emas Perhiasan Tinggi Saat Menjualnya

Selain menyimpan emas dalam bentuk batangan dan koin, masyarakat Indonesia juga termasuk antusias dalam hal menyimpan perhiasan emas sebagai investasi. Selain karena nilai intrinsik yang ada pada emas, perhiasan emas juga dapat dipakai, dinikmati keelokan dan keindahannya khususnya bagi kaum Hawa. Namun seringkali, kendala yang ditemui di pasar adalah hampir tidak ada patokan yang pasti tentang harga emas perhiasan, berbeda dengan emas batangan yang secara otomatis akan mengacu pada harga yang ditetapkan oleh PT. ANTAM (Persero) dan bisa dipantau langsung secara online.

Seringkali orang-orang pada jaman dahulu, bisa nenek atau ibu kita berpesan jika punya uang, lebih baik ditabung di bank atau dibelikan emas. Meski sederhana, namun ternyata pesan tersebut cukup mujarab karena emas merupakan investasi yang sangat menguntungkan dan mudah sekali dicairkan. Selain itu, membeli emas juga tidak jauh beda dengan menabung sebab suatu ketika jika harganya naik akan sangat menguntungkan jika dijual kembali. Yang penting adalah menyimpan dan merawatnya dengan baik agar tetap mengkilap dan meyakinkan untuk bisa dijual kembali suatu saat nanti. Berikut ini adalah beberapa trik agar penawaran harga pasaran emas perhiasan tetap tinggi saat menjualnya:

  1. Update harga terbaru dan perhitungkan dulu.

Pastikan Anda sudah mengantongi informasi mengenai harga logam mulia (emas batangan) Antam terlebih dahulu. Bisa juga dilihat langsung secara online. Dengan data harga buyback emas Antam, diperolehlah kalkulasi emas 22 karat (91.7%), untuk 20 karat (83.3%) dan untuk 18 karat (75%). Biasanya emas perhiasan menggunakan kadar karat tersebut, kemudian kalikan dengan harga logam mulia per gram nya saat ini. Sehingga Anda memiliki patokan mengenai harga emas perhiasan yang Anda miliki. Hanya saja biasanya setelah di toko, harga tersebut akan dikurangi ongkos bikin.

  1. Berkeliling ke toko emas.

Sebelum Anda mendapatkan harga yang terbaik, tak ada salahnya untuk berkeliling terlebih dahulu ke beberapa toko emas yang biasanya berjejer-jejer pada salah satu wilayah pertokoan. Jangan mudah menyerah pada satu tempat saja, siapa tahu saja ada yang bisa menawar dengan harga yang lebih tinggi. Melelahkan tapi tak masalah jika bisa mendapat selisih harga sampai puluhan ribu rupiah.

  1. Jangan mudah percaya dengan perkataan pedagang.

Di antara kita pasti sering mendengar perkataan-perkataan yang lazim dilontarkan oleh pedagang emas untuk bisa memperoleh emas perhiasan dari kita dengan harga yang rendah misalkan “ini emas Jawa, lebih murah daripada emas Kalimantan” padahal tidak ada istilah demikian, namanya saja emas mau ditemukan dimana saja, nilainya akan tetap sama. Yang menentukan harganya adalah kadar karat dan beratnya. Begitu juga saat mendengar “ini emasnya susut, pasti sudah lama belinya”, memang meski belinya sudah cukup lama namun emas tidak bisa susut jika disimpan di dalam tempat yang aman, bukan dipakai.

  1. Bawalah nota atau surat pembelian.

Satu hal yang jelas akan mempengaruhi harga emas perhiasan nantinya adalah surat atau nota pembelian. Karena disitu jelas tertulis kadar dan berat emas, jadi pedagang tidak bisa mengira-ngira berapa kadar dan beratnya, selain itu nota atau surat pembelian adalah bukti bahwa emas perhiasan yang Anda bawa bukanlah hasil tindak kriminal. Meski demikian, kadang si pedagang menawar harga yang tidak terlalu jauh dari nota padahal tidak bisa begitu, harga emas cenderung meningkat atau stagnan meski disimpan lama, tidak seperti perabotan atau barang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *