Ketahui Tips Nego Harga Mobil Second untuk Dapat Harga Termurahnya

Mobil menjadi kebutuhan untuk banyak orang saat ini. Tak heran jika kini permintaan akan mobil juga semakin meningkat. Mengingat harga mobil baru yang sangat tinggi hingga mencapai ratusan juta, maka banyak masyarakat umum yang lebih memilih untuk membeli mobil second. Meski mobil second sudah pernah dipakai sebelumnya, namun jika pandai dalam memilih maka bukan tidak mungkin untuk mendapatkan mobil second dalam kondisi yang baik. Harga mobil second juga lebih murah sehingga ini jadi keunggulan utamanya.

Memang harga untuk mobil second tidak menentu lantaran dipengaruhi banyak faktor. Bisa jadi mobil dengan merek sama, keluaran tahun sama, namun bisa dibanderol dengan harga berbeda karena perawatan yang berbeda. Untuk mendapatkan mobil second, Anda bisa langsung menuju dealer mobil second yang sudah banyak tersedia. Namun jika ingin lebih miring, maka bisa juga dengan langsung mendatangi sang pemilik dari mobil second tersebut.

Untuk bisa menawar mobil second sehingga bisa mendapatkan harga termurah nya, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Tentukan pilihan Anda

Pertama, tentukan mobil yang Anda inginkan terlebih dulu. Namun untuk memilihnya jangan terlalu spesifik misalnya ingin merek A tahun keluaran 2010 dengan harga sekian rupiah. Tentu ini akan sulit. Untuk itu perluas pilihan Anda misalnya mobil yang muat untuk 7 orang, dengan fitur AC, fitur safety dan lainnya. Nantinya akan lebih banyak pilihan untuk pilihan ini.

  1. Ketahui harga pasarannya

Setelah mendapatkan gambaran mobil, carilah mobil dengan spesifikasi yang Anda inginkan tersebut. Ketahui juga harga pasaran dari setiap mobil incaran Anda baik harga baru dan bekasnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki patokan harga mobil second jika nantinya menawar sebelum membeli.

  1. Cek kondisi

Harga dari mobil second akan sangat berpengaruh dari segi kondisi mobil tersebut. Tidak usah terburu-buru dalam pengecekan sehingga Anda bisa mengecek secara keseluruhannya. Setelah puas mengecek dan Anda menemukan beberapa kekurangan, tawar serendahnya yang Anda mampu. Namun jangan sampai Anda terlihat terlalu menginginkan mobil tersebut karena situasi seperti ini akan membuat penjual enggan memberikan harga terendah. Untuk pengecekan, maksimalkan dengan mengecek bagian berikut ini:

  • Body mobil – tempatkan mobil pada bagian yang rata sebelum diperiksa sehingga Anda bisa lebih mudah memeriksa ban dan bagian mobil yang lebih turun. Jangan sampai ada bagian cat terkelupas, penyok atau bergelombang sehingga mengindikasikan pernah dicat ulang. Masuk juga ke kolong mobil untuk melihat seberapa kuat bagian bawah mobil.
  • Mesin – jangan lupakan bagian mesinnya. Jika Anda kurang mengerti bagian mesin, maka usahakan untuk membawa serta teman yang mengerti mesin mobil agar Ia bisa membantu melakukan pengecekan. Cek di bagian blok mesin, minyak rem, hingga warna olinya. Nyalakan mobil dan dengar suara mesinnya karena suara mesin bisa mengindikasikan mobil tersebut sehat atau tidak.
  • Interior – jika sudah cukup dengan bagian luar dan mesin, masuklah ke dalam mobil dan periksa bagian jok jika ada yang sobek atau lubang. Periksa juga sensor parkir, sistem audio dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk meminta test drive atau tes berkendara dengan mobil tersebut. Nantinya Anda akan bisa merasakan apakah Anda nyaman atau tidak dengan mobil tersebut. Setelah semua beres, barulah tanya harga dan sebisa mungkin tawar harga mobil second hingga angka terendah berdasar pengalaman Anda mengecek semuanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *