Info Kerja, Menemukan Pekerjaan yang Cocok dengan Passion Diri Anda

Setelah lulus dari perguruan tinggi negeri apa yang akan Anda lakukan? Sudah pasti mencari kerja bukan, setelah lama menimba ilmu dan dengan gelar yang didapatkan dari bangku pendidikan tersebut pastinya banyak yang mengidam-idamkan untuk mendapatkan posisi bagus di dunia kerja. Sangat mudah sekarang ini mendapatkan info kerja , Anda bisa mengandalkan koran atau dengan melihat di beberapa situs lowongan kerja, hanya saja memang sangat sulit untuk masuk ke dunia kerja tersebut, jika melihat banyaknya saingan untuk mendapatkan posisi yang sama.

Faktanya memang jumlah pekerjaan yang ditawarkan dengan pencari kerjanya tak sebanding, sehingga untuk mendapatkan satu posisi Anda harus bersaing dengan ratusan orang di luar sana, kemungkinan kegagalan juga akan sangat tinggi. Masalah lainnya adalah kebanyakan diantara pencari kerja sendiri tak tau sebenarnya pekerjaan apa yang mereka inginkan. Mengingat sulitnya dapatkan kerja, mereka terkadang melamar pada bidang yang tak sesuai dengan apa yang sudah dipelajari saat ini.

Info kerja apapun akan masuk dalam list yang mereka lamar, namun pastinya karena tak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, terkadang meskipun sudah diterima, namun dunia kerja tersebut tak akan cocok dengan Anda. Akibatnya hanya berkisar beberapa bulan saja, karena lingkungan kerja juga tak mendukung, maka Anda sendiri akan memutuskan untuk keluar dari sana. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui pekerjaan apa yang cocok dengan diri Anda, tanpa melihat dari latar belakang pendidikan, diantaranya adalah:

  1. Ikuti minat Anda, bagi beberapa orang bekerja sesuai dengan minat atau hobby menjadi hal yang sangat menyenangkan, meskipun jika disinilah sendiri gaji yang didapatkan tak seberapa, namun jika passion sudah dijalankan maka rasanya Anda akan merasa tetap bahagia. Jadi utamakanlah minat Anda ingin bekerja di bidang apa sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan.
  2. Lakukan survey, secara informal saja, contohnya adalah ketika Anda sudah menemukan minat pada bidang apa, kemudian carilah orang-orang yang sudah bekerja pada bidang tersebut, sedikit sharing mengenai suka dukanya, apakah Anda tetap berminat untuk melamar pekerjaan bidang-bidang tersebut? Mulai pertimbangkan lagi.
  3. Magang, ketika memasuki semester akhir perkuliahan pastinya Anda akan diwajibkan untuk magang bukan, ketika sudah magang ini bisa pilah-pilih perusahaan yang agaknya memang sesuai dengan minat tersebut, paling tidak ada gambaran bagaimana dunia kerja sesuai dengan yang Anda harapkan, kemudian lihat apakah Anda cocok atau tidak untuk bekerja disana.
  4. Cobalah untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah pascasarjana, langkah lainnya untuk bisa mengembangkan minat tersebut dan menemukan pekerjaan yang cocok adalah dengan belajar lagi, dengan menuntut ilmu lagi maka ada lebih banyak hal baru yang akan Anda dapatkan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja, peluangnya bahkan bisa jadi jauh lebih besar. Karena strata Anda juga tergolong tinggi.
  5. Terus mencoba untuk melamar kerja sesuai dengan minat tersebut, jika nantinya mendapatkan pekerjaan ada masa dimana Anda masih menjadi pekerja kontrak, rasakan apakah cocok bekerja disana atau tidak, jika tidak maka tak perlu memperpanjang kontraknya.

Itulah cara paling mudah untuk menemukan jenis pekerjaan yang sekiranya cocok dengan karakter diri Anda atau tidak. Bekerja sesuai dengan keahlian dan kecocokan memang lebih dianjurkan karena dengan hal ini membuat Anda jadi lebih mencintai pekerjaan, lihat update terbaru info kerja disini.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *