Tips Konverter Mata Uang Asing untuk Anda yang akan Ke Luar Negeri

Liburan dengan travelling lintas negara menjadi impian banyak orang. Mengunjungi tempat baru, mengenal budaya baru, berkenalan dengan penduduk asli negara lain dan pengalaman lainnya tentu menjadi hal yang begitu menyegarkan pikiran. Bagi Anda yang sudah memiliki rencana ini, maka jangan lupa untuk mempersiapkan keuangan yang cukup ketika di sana. Mengingat mata uang asing berbeda dengan mata uang Indonesia, maka Anda perlu mengecek melalui konverter mata uang terlebih dahulu terkait nilai mata uang rupiah terhadap mata uang negara yang akan Anda tuju.

Untuk Anda yang akan menukar mata uang rupiah ke mata uang asing, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

  1. Lebih baik menukar di Indonesia

Dibanding menukarkan mata uang di negara asing, alangkah lebih baik jika Anda menukarkannya di Indonesia. Alasannya adalah kendala bahasa yang kerap ada sehingga komunikasi justru bisa memperburuk situasi Anda di sana. Selain itu, kurs mata uang di luar negeri juga mungkin ada perbedaan dibanding kurs di dalam negeri sehingga Anda patut waspada agar terhindar dari kerugian. Jika memang terpaksa menukar di luar negeri, lebih baik gunakan ATM karena beberapa bank telah memiliki jaringan internasional.

  1. Perhatikan tempat penukaran

Pastikan Anda menukar uang di money changer yang telah memiliki izin usaha sehingga nilai tukarnya bisa paling tinggi. Lebih baik mencoba konverter mata uang asing terlebih dulu sehingga Anda bisa tahu kisaran harga mata uang yang akan Anda dapat nanti. Untuk money changer sendiri jika sulit mendapatkannya Anda bisa menukar di sekitaran bandara karena pasti akan ada money changer di sekitaran bandara. Namun usahakan agar ini jadi opsi terakhir karena di sekitaran bandara umumnya menawarkan kurs terendahnya. Selain itu, terkadang money changer juga menetapkan biaya komisi sehingga Anda patut waspada dan menanyakan terlebih dulu.

  1. Jangan buru-buru

Sebelum memutuskan untuk menukarkan mata uang asing, ada baiknya jika Anda cek dan ricek terlebih dulu terkait kurs jual dan kurs beli yang umumnya terpampang di depan kantor money changer terkait. Hal ini akan bisa membuat Anda memilih kurs mana yang paling bisa memberikan Anda keuntungan.

  1. Masalah waktu

Kurs hari ini bisa jadi berbeda dengan kurs hari esok dimana nilai kurs tersebut akan terus menerus berubah. Pergerakan ini memang wajar. Untuk itu, ada baiknya mempersiapkan diri dan waktu dalam pemilihan waktu penukaran mata uang karena kurs yang berubah meski sedikit akan berpengaruh besar terhadap jumlah uang yang nantinya akan Anda dapatkan.

  1. Teliti dan cermat

Jika dilihat kembali dari beberapa tips tersebut, faktor utama yang menentukan keuntungan Anda dalam mendapatkan kurs yang tepat adalah cermat, teliti dan perlu waktu. Untuk itu, hindari terburu-buru menukar menjelang keberangkatan karena bisa jadi ada hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga Anda justru merugikan diri sendiri dengan menukar uang ketika kurs jual sedang tinggi.

Menukar uang di bank memang bisa jadi pilihan, namun umumnya kurs di bank akan lebih rendah dibanding kurs di money changer. Selain itu bank juga akan memberikan syarat berupa KTP, NPWP dan dokumen pendukung lain sebelum Anda menukarnya. Oleh karena itu, cermati kembali konverter mata uang secara umum sehingga Anda bisa memperkirakan kembali jumlah uang yang mungkin bisa Anda dapat nanti.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *