Selain Koperasi simpan pinjam, Ini Beberapa Alternatif untuk Pinjam Uang

Industri perbankan kini sudah sangat maju yang terbukti dengan kian banyaknya bank yang ada di Indonesia ini mulai dari bank lokal hingga bank kelas internasional. Perbankan pun terus meningkatkan layanan dalam hal keuangan sehingga kian hari kian meningkat. Tak heran jika kini banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk bertransaksi melalui bank. Namun selain bank, ada juga koperasi simpan pinjam yang banyak dikunjungi masyarakat dalam hal meminjam uang karena disebut-sebut mekanismenya yang lebih mudah dan simpel.

Meski begitu, masih banyak juga alternatif lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bisa mendapatkan pinjaman uang, misalnya:

  1. Pinjam dari orang terdekat

Saat Anda membutuhkan uang dalam kondisi yang mendadak, maka keluarga dan orang terdekat bisa jadi tempat pertama yang Anda tuju. Hal ini lantaran keluarga serta orang terdekat  adalah orang yang paling bisa mengerti dengan kondisi Anda saat itu. Mereka tentu akan sangat senang jika bisa membantu. Anda juga akan mendapatkan keuntungan jika meminjam di keluarga dan teman karena tidak perlu sibuk dengan bunga atau agunan. Namun memang modal untuk meminjam kepada orang terdekat adalah dari segi kepercayaan sehingga jika Anda menyelewengkan kepercayaan itu, maka hubungan dekat Anda akan bisa retak dan bahkan rusak. Oleh karena itu manfaatkan pinjaman dengan baik dan segera kembalikan jika sudah punya uangnya.

  1. KTA

Produk perbankan yang satu ini memang sangat terkenal belakangan karena tanpa Anda harus menyerahkan agunan, maka dana tetap bisa didapatkan. Selain itu KTA juga memberikan pencairan dana yang cepat dibanding dengan jenis pinjaman lainnya. Jika Anda mampu memenuhi persyaratan dan bersifat kooperatif dengan pihak perbankan, maka dana KTA akan bisa dicairkan dalam waktu kurang dari seminggu saja. Jika Anda ingin meminjam uang lewat KTA, maka dana yang bisa dipinjam adalah mulai dari 5 juta sampai ratusan juta.

  1. Kredit BPR

Tak hanya ke perbankan biasa atau koperasi simpan pinjam saja, Anda juga bisa mengunjungi BPR untuk keperluan peminjaman uang misalnya untuk tambahan modal atau bahkan membangun usaha. Untuk peminjaman dengan tujuan produktif, persyaratan dan ketentuan yang diberikan BPR pun lebih mudah dengan pencairan yang juga lebih mudah. Namun persiapkan diri karena bunganya pun lebih tinggi jika dibanding perbankan biasa.

  1. Multifinance

Pasti Anda seringkali melihat banner lembaga multifinance di sekitaran Anda. Ya, mereka adalah lembaga resmi dan akan memudahkan Anda dalam hal peminjaman uang. Persyaratannya pun mudah namun Anda harus menyerahkan jaminan dalam bentuk BPKB ataupun SHM. Proses pencairan dari lembaga ini amat cepat tetapi sedikit berat di bunga. Jadi, pertimbangkan dengan matang dimana Anda akan meminjam uang.

  1. Gadai barang

Jika Anda memang sudah tidak ada ide mau pinjam uang kemana lagi, maka mungkin sistem gadai bisa Anda jadikan pilihan. Suku bunganya cukup ringan dan segala jenis barang bisa digadaikan mulai dari perhiasan, kendaraan dan bahkan barang elektronik yang masih bagus.

Itulah beberapa alternatif bagi Anda yang ingin meminjam uang secara cepat dalam kondisi mendesak. Ternyata tempat pinjam uang tak melulu perbankan dan koperasi simpan pinjam saja bukan? Meski begitu, pastikan untuk memaksimalkan uang hasil dari pinjaman tersebut guna keperluan yang memang penting dan mendesak. Jangan lupa juga memikirkan cara dalam pelunasannya sehingga semuanya teratur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *