Inilah Beberapa Perubahan Mata Uang Rupiah yang Terbaru

Tanggal 19 Desember 2016, masyarakat Indonesia akan mulai menggunakan mata uang rupiah yang baru karena BI baru meluncurkannya. Adapun untuk uang tersebut terdiri dalam tujuh pecahan uang kertas serta empat pecahan uang logam. Untuk rupiah kertas mulai dari nominal Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000. sedangkan untuk logam pecahan mulai dari Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1.000. Rupiah pun memiliki gambar dan desain yang berubah.

Masih seperti edisi sebelumnya, rupiah yang baru masih menampilkan gambar pahlawan yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Jika ditotal kembali, ada 12 orang pahlawan yang ditampilkan di rupiah baru tersebut. Untuk lebih jelasnya, inilah nama para pahlawan yang wajahnya terpampang di rupiah yang baru:

  1. Sukarno dan Mohammad Hatta

Seperti pada edisi yang sebelumnya, kedua proklamator ini wajahnya tetap terpampang di uang yang nilainya paling besar yaitu RP 100.000.

  1. Djuanda Kartawidjaja

Selanjutnya ada nama baru yaitu Djuanda Kartawidjaja yang menghias di uang Rp 50.000. untuk Anda yang mungkin belum mengenalnya, beliau ini biasa dikenal sebagai Ir Djuanda yang namanya juga banyak dipakai untuk nama jalan di berbagai kota di Indonesia. Ir Djuanda sendiri lahir pada 14 Januari 2011 di Tasikmalaya.

  1. Sam Ratulangi

Untuk pecahan mata uang rupiah Rp 20.000, ditampilkan wajah yang baru yaitu pahlawan Dr. Gerungan Saul Samuel Ratulangi atau yang lebih tersohor dengan nama Sam Ratulangi.

  1. Frans Kaisepo

Frans Kaisepo adalah pahlawan Indonesia asal Papua yang lahir di tanggal 10 Oktober 1921. Beliau juga pernah mendapatkan jabatan Gubernur Papua pada tahun 1964 hingga 1973. Wajah Frans Kaisepo menghiasi uang baru Rp 10.000.

  1. Idham Chalid

Pada pecahan Rp 5.000 terpampang wajah Dr. K.H. Idham Chalid yaitu pahlawan asal Kalimantan Selatan. Pada masanya, beliau adalah politikus berpengaruh lantaran menjabat Wakil Perdana Menteri di kabinet Djuanda.

  1. Mohammad Hoesni Thamrin

Beliau adalah perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia sehingga layak untuk dipampang di uang baru. Wajahnya akan menghias pecahan RP 2.000.

  1. Tjut Meutia

Wajah pahlawan asal Aceh Utara, yakni Tjut Nyak Meutia atau lebih tersohor dengan nama Tjut Meutia akan terpampang di uang baru pecahan kertas Rp 1.000.

  1. I Gusti Ketut Pudja

Wajah Mr. I Gusti Ketut Pudja tampil di Rupiah terbaru dengan pecahan Rp 1.000 logam. Beliau dikenal sebagai tokoh penemu NKRI lantaran turut serta ketika perumusan negara Indonesia lewat PPKI mewakili Sunda Kecil.

  1. TB Simatupang

Nama Tahi Bonar Simatupang adalah tokoh militer yang berpangkat Letnan Jenderal TNI. Gambar wajah beliau menghias uang baru pecahan logam Rp 500.

  1. Tjipto Mangunkusumo

Beliau adalah seorang dokter serta tokoh pergerakan kemerdekaan. Namanya juga dikenal menjadi salah satu tokoh Tiga Serangkai. Wajah Tjipto Mangunkusumo menghias uang pecahan logam Rp 200 logam.

  1. Herman Johannes

Gambar Prof. Dr. Ir. Herman Johannes menghiasi Rupiah baru logam Rp 100. Beliau adalah cendekiawan sekaligus politikus, ilmuwan dan bahkan guru besar (UGM) serta pahlawan nasional.

Itulah beberapa pahlawan yang wajahnya menghiasi mata uang rupiah yang baru saat ini. Tapi jangan khawatir karena uang yang lama masih akan tetap berlaku sementara waktu. Kini sudah banyak uang baru yang didistribusikan dan nantinya secara perlahan akan mengganti uang yang lama secara keseluruhan.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *